I.
Identitas
Sekolah :
SMA Negeri 1 Gorontalo
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XII - IPA-4 / Ganjil
Alokasi waktu : 2 x 45 menit (1 kali pertemuan)
Pertemuan :
Ke – 2 (2 x 45 menit)
II.
Standar Kompetensi : 3.
Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-
prinsip
hereditas serta implikasinya pada
salingtemas
III.
Kompetensi Dasar : 3.1 Menjelaskan konsep Gen,DNA,dan Kromosom.
IV Indikator :
1.
Mendeskripsikan struktur heliks DNA serta sifat dan
fungsinya.
2. Mendeskripsikan struktur, sifat, dan fungsi RNA.
V Tujuan pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran siswa
dapat:
a)
Menjelaskan struktur heliks DNA serta sifat dan
fungsinya.
b)
Menjelaskan struktur,sifat,dan fungsi RNA.
IV.
Materi Pembelajaran
Sel manusia biasanya berisi 23 pasang kromosom,
dengan total 46 kromosom dalam setiap sel. Transmisi informasi genetik dalam
gen dicapai melalui pasangan basa komplementer. Sebagai contoh, dalam
transkripsi, ketika sebuah sel menggunakan informasi dalam gen, urutan DNA
disalin ke dalam urutan RNA komplementer melalui tarik antara DNA dan RNA
nukleotida yang benar. Biasanya, ini salinan RNA kemudian digunakan untuk
membuat urutan protein yang cocok dalam proses yang disebut terjemahan yang
tergantung pada interaksi sama antara nukleotida RNA. Atau, sel mungkin hanya
menyalin informasi genetik dalam sebuah proses yang disebut replikasi DNA.
Rincian fungsi-fungsi ini dibahas dalam artikel lainnya, di sini kita fokus
pada interaksi antara DNA dan molekul lainnya yang memediasi fungsi genom.
Susunan
DNA
Pada tahun 1953, Frances Crick dan James Watson menemukan
model molekul DNA berdasarkan data yang didapat dari foto difraksi sinar-X
milik Rosalind Franklin, yang meninggal dunia akibat kanker pada usianya ke 38
tahun. DNA merupakan makromolekul polinukleotida yang tersusun atas polimer
nukleotida yang tersusun rangkap membentuk DNA double helix dan berpilin ke
kanan. Setiap nukleotida terdiri dari tiga gugus molekul, yaitu (1) Gugus
fosfat (2) Gula dengan 5 atom C (3) Basa nitrogen yang terdiri dari golongan
purin, yaitu adenin dan guanin serta golongan pirimidin, yaitu citosin dan
timin.
Menurut Watson - Crick, DNA digambarkan seperti
tangga tali berpilin atau lebih dikenal dengan helix ganda atau double helix.
Perhatikan pita pada diagram di bawah ini menunjukkan tulang belakang
gula-fosfat dari dua untai DNA. Kedua untai DNA tersebut diikat oleh ikatan
hidrogen yang dilambangkan dengan garis titik titik di antara dua basa nitrogen
yang berpasangan di bagian dalam helix ganda. Struktur kimia DNA dapat
digambarkan seperti diagram di bawah ini. Perhatikan bahwa untaian memiliki
orientasi arah yang berlawanan.
Struktur RNA
Molekul RNA mempunyai bentuk yang berbeda dengan DNA. RNA memiliki bentuk
pita tunggal dan tidak berpilin. Tiap pita RNA merupakan polinukleotida yang
tersusun atas banyak ribonukleotida. Tiap ribonukleotida
tersusun atas gula ribosa, basa nitrogen, dan asam fosfat.Basa nitrogen RNA
juga dibedakan menjadi basa purin dan basa pirimidin. Basa purinnya sama
dengan DNA tersusun atas adenin (A) dan guanin (G), sedangkan basa pirimidinnya
berbeda dengan DNA yaitu tersusun atas sitosin (C) dan urasil (U).
Tulang punggung
RNA tersusun atas deretan ribosa dan fosfat. Ribonukleotida RNA terdapat secara
bebas dalam nukleoplasma dalam bentuk nukleosida trifosfat, seperti adenosin
trifosfat (ATP), guanosin trifosfat (GTP), sistidin trifosfat (CTP), dan uridin
trifosfat (UTP). RNA disintesis oleh DNA di dalam inti sel dengan menggunakan
DNA sebagai cetakannya.
Berikut merupakan perbandingan antara struktur
DNA dan struktur RNA
V.
Metode Pelaksanaan
1.
Model : Tipe Jiksaw
2.
Metode : - Presentasi
- Diskusi Kelompok
- Tanya jawab
- Penugasan
VI.
Kegiatan Pembelajaran
A. Tatap Muka
1.
Kegiatan awal (10 menit)
Salam pembuka
1)
Guru memberikan salam kepada siswa.
Guru mempersiapkan kelas.
§
Guru
meminta ketua kelas memimpin doa sebelum memulai pelajaran.
§
Guru mengabsen kehadiran siswa.
Motivasi dan apersepsi
o
Menggali pengetahuan awal siswa dengan
menanyakan kepada siswa,”Dalam pemikiran anda,bagaimana jika anda melihat orang
yang masih muda mempunyai rambut putih?
o
Pertanyaan lanjutan,apakah yang menyebabkan sampai
rambut tersebut mengalami putih sebelum umurnya?
o
Dari jawaban siswa,guru menuliskan materi yang akan
di ajarkan kepada siswa.
o
Menyampaikan indicator.
2 . Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
-
Guru mebagi siswa menjadi 3 kelompok dimana ada
kelompok ahli dan asal.
-
Siswa membentuk kelompok sesuai dengan no
hitunga
-
Menjelaskan secara singkat materi yang di
ajarkan.
-
Guru memimpin dan mengamati diskusi
-
Siswa duduk dan membentuk kelompok asal
-
Guru membagi LKS pada setiap kelompok
-
Siswa membagi setiap pertanyaan tiap orang,
setelah itu setiap orang yang memiliki No pertanyaan yang sama membagi
membentuk kelompok ahli
-
Semua siswa bertanggung jawab untuk mengerjakan
setiap pertanyaan dan mendiskusi pada semua anggota kelompok ahli
-
Setelah itu kembali lagi pada kelompok asal,
untuk memberikan penjelasan pada setiap anggota, dari hasil diskusi pada
kelompok ahli
-
Setiap anggota bekerja sama dalam mengerjakan
semua pertanyaan
-
Guru menunjuk kelompok yang akan presentasi
-
Kelompok yang ditunjuk mempresentasikan hasil
diskusi, dan kelompok yang lain menambahkan jawaban ataupun memeberikan
sanggahan dengan sopan pada kelompok presentasi
-
Guru memberikan umpan balik pada siswa dengan
menunjukan gambar atau slide dan
memberikan penjelasan pada siswa.
Elaborasi
-
Masing –masing siswa di berikan satu lembar
kertas,untuk menuliskan satu pertanyaan yang ada kaitanya dengan materi.
-
Setelah selesai menentukan pasanganya
masing-masing .guru kembali mengarahkan pasangan yang belum tepat.
3.Kegiatan
akhir
Konfirmasi
-
Menyimpulkan hasil pembelajaran bersama-sama
dengan siswa.
-
Melakukan evaluasi terhadap siswa dengan
memberikan pertanyaan lisan,untuk seberapa besar materi yang telah di serap
oleh siswa.
B. Tugas Terstruktur
- Mencari
informasi mengenai gambar struktur Heliks DNA dan RNA baik melalui internet maupun referensi lainnya dalam bentuk print out.
C. Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
- Membuat salah satu model DNA,Kromosom
dengan berbagai bahan yang sederhana (Tugas kelompok).
VII.
Sumber Belajar
1.
Referensi
: - pujiyanto sri,Menjelajah
Dunia Biologi 3 Untuk kelas XII
SMA dan MA.
- Istamar
Syamsuri dkk, Biologi Untuk SMA Kelas XII
Semester I 3A; Bumi Aksara
- Buku lain yang relevan.
- Internet.
2.
Media : Laptop, LCD, dan LKS
VIII.
Penilaian
1.
Tes
tertulis
Soal:
1.
Menjelaskan Perbedaan DNA dengan RNA?(10)
2.
Apa yang di maksud dengan.
a.DNA?(5)
b.RNA?(5)
Jawaban:
1 .Perbedaan
antara DNA dan RNA.
DNA(deoksiribo Nucleid Acid)
|
RNA(Ribosa Nucleid Acid)
|
Hanya terdapat dalam kromosom
(nukleus).(1)
|
Selain di nukleus, juga terdapat di
sitoplasma terutama di dalam
ribosom.(1)
|
Berbentuk rantai doubel helix.(1)
|
Berbentuk rantai tunggal.(1)
|
Kadar tetap dan fungsinya
mengendalikan
faktor genetis dan sintesis
protein.(1)
|
Kadarnya tidak tetap dan fungsinya
sebagai sintesis protein.(1)
|
Basa nitrogen terdiri atas purin
(adenin (A) dan guanin (G)) dan
pirimidin (sitosin (S) dan timin
(T)).(1)
|
Basa nitrogennya terdiri atas
purin:
adenin (A) dan guanin (G) dan
pirimidin:
sitosin (S) dan urasil (U).(1)
|
Menggunakan deoksiribosa sebagai
komponen gulanya.(1)
|
. Menggunakan ribosa sebagai
komponen
Gulanya(1)
|
2. a.DNA
merupakan makromolekul polinukleotida yang tersusun atas polimer
nukleotida yang tersusun rangkap membentuk DNA double helix dan berpilin ke
kanan. Setiap nukleotida terdiri dari tiga gugus molekul, yaitu (1) Gugus fosfat
(2) Gula dengan 5 atom C (3) Basa nitrogen yang terdiri dari golongan purin,
yaitu adenin dan guanin serta golongan pirimidin, yaitu citosin dan timin.
b. RNA merupakan hasil transkripsi dari suatu fragmen DNA,
sehingga RNA merupakan polimer yang jauh lebih pendek dibanding DNA.
Pedoman Penskoran
1. Bobot
10
1. Bobot
max : 10
2. Bobot
min : 20
Jadi nilai tertinggi
100 dan terendah 0
2.
Penilaian
Sikap
Penilaian efektif dapat
dilakukan ketika proses pembelajaran secara kelompok untuk mengobservasi
perilaku siswa dengan menggunakan format berikut ini:
No
|
Nama Siswa
|
Nilai Pengamatam
|
Skor max
|
Nilai Akhir
|
konvers
|
||||
Kerja- sama
|
Berta-nya
|
Men-jawab
|
Menghar-gai
|
Skor perole-han
|
|||||
3
|
3
|
3
|
3
|
|
12
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Nilai Pengamatan maksimum = 3
Nilai pengamatan 3= sering, 2 =
kadang-kadang, 1 = tidak pernah
Nilai akhir = (skor perolehan/skor maks) x
100
Nilai akhir (sebutan berdasarkan pada
skala berikut:
81 – 100 = A
61 – 80 = B
41 – 60 = C
21 – 40 = B
0 – 20 = E
Gorontalo,
November 2012
Mengetahui,
Guru Pamong Mahasiswa
PPL-2
Dra.Hartin,Abdulah Mpd
Wayan
sutiani
Nip.196206181988032007 Nim.431408091
-� @n n P� �� left:
none;border-bottom:solid windowtext 1.0pt;border-right:solid windowtext 1.0pt;
mso-border-top-alt:solid windowtext .5pt;mso-border-left-alt:solid windowtext .5pt;
mso-border-alt:solid windowtext .5pt;padding:0in 5.4pt 0in 5.4pt'>
Keterangan:
Nilai Pengamatan maksimum = 3
Nilai pengamatan 3= sering, 2 =
kadang-kadang, 1 = tidak pernah
Nilai akhir = (skor perolehan/skor maks) x
100
Nilai akhir (sebutan berdasarkan pada
skala berikut:
81 – 100 = A
61 – 80 = B
41 – 60 = C
21 – 40 = B
0 – 20 = E
Gorontalo,
November 2011
Mengetahui,
Guru Pamong Mahasiswa
PPL-2
Dra.Hartin,Abdulah Mpd
Wayan
sutiani
Nip.196206181988032007 Nim.431408091
LEMBAR KERJA SISWA
( L K S )
I. KOMPETENSI DASAR
3 .3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis
dengan
pewarisan sifat.
II TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi
DNA, gen dan kromosom melalui referensi baik buku cetak, bahan ajar maupun
mengakses materi di internet, siswa diharapkan
mampu :
a.Menjelaskan
urutan tahapan miosis dan mitosis.
b.Mendiskripsikan
cirri-ciri miosis dan mitosis.
II.
PETUNJUK PENGERTJAAN
1. Bacalah
pertanyaan dengan teliti
2. Pahami
dan diskusikan dengan teman satu kelompok
3. Jawablah
pertanyaan
Pertanyaan :
1.
Gambar
dari struktur apakah yang ada di atas?
2.
Jelaskan
struktur dari gambar yang ada di atas !
3.
Sebutkan
komponen-komponen penyusunnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar