Rabu, 10 Oktober 2012

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



I.                   Identitas
Sekolah                       : SMA Negeri 1  Gorontalo
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas / Semester          : XII - IPA-4 / Ganjil
Alokasi waktu             : 2 x 45 menit (1 kali pertemuan)
Pertemuan                   : Ke – 2 (2 x 45 menit)
II.                Standar Kompetensi : 3.   Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-
         prinsip hereditas serta implikasinya pada
         salingtemas
III.             Kompetensi Dasar     : 3.1  Menjelaskan konsep Gen,DNA,dan Kromosom.
        
IV      Indikator                     : 1. Mendeskripsikan struktur heliks DNA serta sifat dan

      fungsinya.

                                             2. Mendeskripsikan struktur, sifat, dan fungsi RNA.                      
 
V         Tujuan pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
a)      Menjelaskan struktur heliks DNA serta sifat dan fungsinya.
b)      Menjelaskan struktur,sifat,dan fungsi RNA.

IV.             Materi Pembelajaran
DNA biasanya terjadi sebagai kromosom linier dalam eukariota, dan kromosom melingkar pada prokariota. Set kromosom dalam sel membentuk genom tersebut; genom manusia memiliki pasangan basa sekitar 3 miliar DNA disusun menjadi 46 kromosom. Informasi yang dibawa oleh DNA diadakan di urutan potongan DNA yang disebut gen.



Sel manusia biasanya berisi 23 pasang kromosom, dengan total 46 kromosom dalam setiap sel. Transmisi informasi genetik dalam gen dicapai melalui pasangan basa komplementer. Sebagai contoh, dalam transkripsi, ketika sebuah sel menggunakan informasi dalam gen, urutan DNA disalin ke dalam urutan RNA komplementer melalui tarik antara DNA dan RNA nukleotida yang benar. Biasanya, ini salinan RNA kemudian digunakan untuk membuat urutan protein yang cocok dalam proses yang disebut terjemahan yang tergantung pada interaksi sama antara nukleotida RNA. Atau, sel mungkin hanya menyalin informasi genetik dalam sebuah proses yang disebut replikasi DNA. Rincian fungsi-fungsi ini dibahas dalam artikel lainnya, di sini kita fokus pada interaksi antara DNA dan molekul lainnya yang memediasi fungsi genom.

Susunan DNA 

Pada tahun 1953, Frances Crick dan James Watson menemukan model molekul DNA berdasarkan data yang didapat dari foto difraksi sinar-X milik Rosalind Franklin, yang meninggal dunia akibat kanker pada usianya ke 38 tahun. DNA merupakan makromolekul polinukleotida yang tersusun atas polimer nukleotida yang tersusun rangkap membentuk DNA double helix dan berpilin ke kanan. Setiap nukleotida terdiri dari tiga gugus molekul, yaitu (1) Gugus fosfat (2) Gula dengan 5 atom C (3) Basa nitrogen yang terdiri dari golongan purin, yaitu adenin dan guanin serta golongan pirimidin, yaitu citosin dan timin.
Menurut Watson - Crick, DNA digambarkan seperti tangga tali berpilin atau lebih dikenal dengan helix ganda atau double helix. Perhatikan pita pada diagram di bawah ini menunjukkan tulang belakang gula-fosfat dari dua untai DNA. Kedua untai DNA tersebut diikat oleh ikatan hidrogen yang dilambangkan dengan garis titik titik di antara dua basa nitrogen yang berpasangan di bagian dalam helix ganda. Struktur kimia DNA dapat digambarkan seperti diagram di bawah ini. Perhatikan bahwa untaian memiliki orientasi arah yang berlawanan.
Struktur RNA
Molekul RNA mempunyai bentuk yang berbeda dengan DNA. RNA memiliki bentuk pita tunggal dan tidak berpilin. Tiap pita RNA merupakan polinukleotida yang tersusun atas banyak ribonukleotida. Tiap ribonukleotida tersusun atas gula ribosa, basa nitrogen, dan asam fosfat.Basa nitrogen RNA juga dibedakan menjadi basa purin dan basa pirimidin.  Basa purinnya sama dengan DNA tersusun atas adenin (A) dan guanin (G), sedangkan basa pirimidinnya berbeda dengan DNA yaitu tersusun atas sitosin (C) dan urasil (U). 

Tulang punggung RNA tersusun atas deretan ribosa dan fosfat. Ribonukleotida RNA terdapat secara bebas dalam nukleoplasma dalam bentuk nukleosida trifosfat, seperti adenosin trifosfat (ATP), guanosin trifosfat (GTP), sistidin trifosfat (CTP), dan uridin trifosfat (UTP). RNA disintesis oleh DNA di dalam inti sel dengan menggunakan DNA sebagai cetakannya.
Berikut merupakan perbandingan antara struktur DNA dan struktur RNA
 

V.                Metode Pelaksanaan
1.      Model        : Tipe Jiksaw
2.      Metode      : - Presentasi
  - Diskusi Kelompok
  - Tanya jawab
  - Penugasan

VI.             Kegiatan Pembelajaran
A. Tatap Muka
1.      Kegiatan awal   (10 menit)
*      Salam pembuka
1)      Guru memberikan salam kepada siswa.
*      Guru mempersiapkan kelas.
§   Guru meminta ketua kelas memimpin doa sebelum memulai pelajaran.
§  Guru mengabsen kehadiran siswa.
*      Motivasi dan apersepsi           
o   Menggali pengetahuan awal siswa dengan menanyakan kepada siswa,”Dalam pemikiran anda,bagaimana jika anda melihat orang yang masih muda mempunyai rambut putih?
o   Pertanyaan lanjutan,apakah yang menyebabkan sampai rambut tersebut mengalami putih sebelum umurnya?
o   Dari jawaban siswa,guru menuliskan materi yang akan di ajarkan kepada siswa.
o   Menyampaikan indicator.
 2 . Kegiatan Inti (60 menit)
*      Eksplorasi
-          Guru mebagi siswa menjadi 3 kelompok dimana ada kelompok ahli dan asal.
-          Siswa membentuk kelompok sesuai dengan no hitunga
-          Menjelaskan secara singkat materi yang di ajarkan.
-          Guru memimpin dan mengamati diskusi
-          Siswa duduk dan membentuk kelompok asal
-          Guru membagi LKS pada setiap kelompok
-          Siswa membagi setiap pertanyaan tiap orang, setelah itu setiap orang yang memiliki No pertanyaan yang sama membagi membentuk kelompok ahli
-          Semua siswa bertanggung jawab untuk mengerjakan setiap pertanyaan dan mendiskusi pada semua anggota kelompok ahli
-          Setelah itu kembali lagi pada kelompok asal, untuk memberikan penjelasan pada setiap anggota, dari hasil diskusi pada kelompok ahli
-          Setiap anggota bekerja sama dalam mengerjakan semua pertanyaan
-          Guru menunjuk kelompok yang akan presentasi
-          Kelompok yang ditunjuk mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok yang lain menambahkan jawaban ataupun memeberikan sanggahan dengan sopan pada kelompok presentasi
-          Guru memberikan umpan balik pada siswa dengan menunjukan gambar atau slide  dan memberikan penjelasan pada siswa.
*      Elaborasi
-          Masing –masing siswa di berikan satu lembar kertas,untuk menuliskan satu pertanyaan yang ada kaitanya dengan materi.
-          Setelah selesai menentukan pasanganya masing-masing .guru kembali mengarahkan pasangan yang belum tepat.
3.Kegiatan akhir  
*      Konfirmasi
-          Menyimpulkan hasil pembelajaran bersama-sama dengan siswa.
-          Melakukan evaluasi terhadap siswa dengan memberikan pertanyaan lisan,untuk seberapa besar materi yang telah di serap oleh siswa.

B. Tugas Terstruktur
      - Mencari informasi mengenai gambar struktur  Heliks DNA dan RNA baik  melalui internet maupun referensi lainnya dalam bentuk print out.

C. Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
-     Membuat salah satu model DNA,Kromosom dengan berbagai bahan yang sederhana (Tugas kelompok).
VII.          Sumber Belajar
1.      Referensi   : - pujiyanto sri,Menjelajah Dunia Biologi 3 Untuk kelas XII
                       SMA dan MA.
- Istamar Syamsuri dkk, Biologi Untuk SMA Kelas XII
   Semester I 3A; Bumi Aksara
 - Buku lain yang relevan.
- Internet.
2.      Media        : Laptop, LCD, dan LKS

VIII.       Penilaian
1.      Tes tertulis
Soal:
1.      Menjelaskan Perbedaan DNA dengan RNA?(10)
2.      Apa yang di maksud dengan.
a.DNA?(5)
b.RNA?(5)


Jawaban:

1 .Perbedaan antara DNA dan RNA.


DNA(deoksiribo Nucleid Acid)
RNA(Ribosa Nucleid Acid)
Hanya terdapat dalam kromosom
(nukleus).(1)

Selain di nukleus, juga terdapat di
sitoplasma terutama di dalam ribosom.(1)

Berbentuk rantai doubel helix.(1)

Berbentuk rantai tunggal.(1)
Kadar tetap dan fungsinya mengendalikan
faktor genetis dan sintesis
protein.(1)

Kadarnya tidak tetap dan fungsinya
sebagai sintesis protein.(1)

Basa nitrogen terdiri atas purin
(adenin (A) dan guanin (G)) dan
pirimidin (sitosin (S) dan timin (T)).(1)

Basa nitrogennya terdiri atas purin:
adenin (A) dan guanin (G) dan pirimidin:
sitosin (S) dan urasil (U).(1)

Menggunakan deoksiribosa sebagai
komponen gulanya.(1)

. Menggunakan ribosa sebagai komponen
Gulanya(1)


2.  a.DNA merupakan makromolekul polinukleotida yang tersusun atas polimer nukleotida yang tersusun rangkap membentuk DNA double helix dan berpilin ke kanan. Setiap nukleotida terdiri dari tiga gugus molekul, yaitu (1) Gugus fosfat (2) Gula dengan 5 atom C (3) Basa nitrogen yang terdiri dari golongan purin, yaitu adenin dan guanin serta golongan pirimidin, yaitu citosin dan timin.
   b. RNA merupakan hasil transkripsi dari suatu fragmen DNA, sehingga RNA merupakan polimer yang jauh lebih pendek dibanding DNA.

Pedoman Penskoran
1.      Bobot 10
1.      Bobot max : 10
2.      Bobot min : 20
Jadi nilai tertinggi 100 dan terendah 0
  
2.      Penilaian Sikap
Penilaian efektif dapat dilakukan ketika proses pembelajaran secara kelompok untuk mengobservasi perilaku siswa dengan menggunakan format berikut ini:
No
Nama Siswa
Nilai Pengamatam
Skor max
Nilai Akhir
konvers
Kerja- sama
Berta-nya
Men-jawab
Menghar-gai
Skor perole-han
3
3
3
3

12































Keterangan:
Nilai Pengamatan maksimum = 3
Nilai pengamatan 3= sering, 2 = kadang-kadang, 1 = tidak pernah
Nilai akhir = (skor perolehan/skor maks) x 100
Nilai akhir (sebutan berdasarkan pada skala berikut:
81 – 100 = A
61 – 80 = B
41 – 60 = C
21 – 40 = B
0 – 20 = E



Gorontalo,     November   2012
Mengetahui,
Guru Pamong                                                                          Mahasiswa PPL-2






Dra.Hartin,Abdulah Mpd                                                    Wayan sutiani

Nip.196206181988032007                                                  Nim.431408091                                           



-� @n n P� �� left: none;border-bottom:solid windowtext 1.0pt;border-right:solid windowtext 1.0pt; mso-border-top-alt:solid windowtext .5pt;mso-border-left-alt:solid windowtext .5pt; mso-border-alt:solid windowtext .5pt;padding:0in 5.4pt 0in 5.4pt'>






Keterangan:
Nilai Pengamatan maksimum = 3
Nilai pengamatan 3= sering, 2 = kadang-kadang, 1 = tidak pernah
Nilai akhir = (skor perolehan/skor maks) x 100
Nilai akhir (sebutan berdasarkan pada skala berikut:
81 – 100 = A
61 – 80 = B
41 – 60 = C
21 – 40 = B
0 – 20 = E
Gorontalo,     November   2011
Mengetahui,

Guru Pamong                                                                          Mahasiswa PPL-2






Dra.Hartin,Abdulah Mpd                                                    Wayan sutiani

Nip.196206181988032007                                                  Nim.431408091                                           


LEMBAR KERJA SISWA
( L K S )

I.       KOMPETENSI DASAR           
 3 .3  Menjelaskan keterkaitan antara proses  pembelahan mitosis dan meiosis

          dengan  pewarisan sifat.

II TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi DNA, gen dan kromosom melalui referensi baik buku cetak, bahan ajar maupun mengakses materi di internet, siswa diharapkan mampu :
a.Menjelaskan urutan tahapan miosis dan mitosis.
b.Mendiskripsikan cirri-ciri miosis dan mitosis.

II.    PETUNJUK PENGERTJAAN
1.      Bacalah pertanyaan dengan teliti
2.      Pahami dan diskusikan dengan teman satu kelompok
3.      Jawablah pertanyaan
 


Pertanyaan :
1.      Gambar dari struktur apakah yang ada di atas?
2.      Jelaskan struktur dari gambar yang ada di atas !
3.      Sebutkan komponen-komponen penyusunnya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar