Rabu, 10 Oktober 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran



I.                   Identitas

Sekolah                       : SMA Negeri 1  TELAGA
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas / Semester          : XII - IPA-4 / Ganjil
Alokasi waktu             : 2 x 45 menit (1 kali pertemuan)
Pertemuan                   : Ke – 1 (2 x 45 menit)

II.       Standar Kompetensi      : 3.Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-
         prinsip hereditas serta implikasinya pada
         salingtemas.
III . Kompetensi Dasar           : 3.3  Menjelaskan keterkaitan antara proses  

                                                         pembelahan mitosis dan meiosis dengan        
                                                          pewarisan sifat.

        
IV  . Indikator           :    1. Mengidentifikasi sel yang akan bereprodukasi.
2. Menjelaskan urutan tahapan mitosis.
3. Mengidentifikasi ciri-ciri dari tahapan mitosis.
4. Menunjukkan lokasi pada makhluk hidup yang   
     mengalami   mitosis.
5. Menjelaskan urutan tapahan meiosis.
6. Mengidentifikasi ciri-ciri tahapan meiosis.

     
V         Tujuan pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
a.       Menjelaskan urutan tahapan miosis dan mitosis.
b.      Mendiskripsikan cirri-ciri miosis dan mitosis.

1.      Materi Pembelajaran

MEIOSIS
Meiosis berlagsung melalui tahap meiosis I (pembelahan reduksi) dan kemudian dilanjutkan meiosis II.
1.      Meiosis I
Pada tahapan meiosis, berlangsung tahap-tahap profase I, metafase I, anafase I dan telofase. Hasil telofase I adalah dua sel anak yang haploid.
a)      Profase I : Pada hewan berlangsung 4-5 hri. Profase I dibagi dalam lima subtahap, yaitu:
-          Leptonema/Leptoten : Kromosom mengelami kondensasi membentuk benang-benang yang tipis
-          Zigonema/Zigoten : kromatid yang homolog memmbentuk sinapsis. Sinapsis memungkinkan terjadinya pertukaran informasi yang disebut pindah silang.
-          Pakinema/Pakiten : membentuk benang-benang tebal dan pendek membentuk banang-benang kromatid
-          Diplonema/Diploten : kromatid yang berada dalam satu bivalen
-          Diakinesis : kromosom terus memendek dan berkondensasi
a)      Metafase I : Pasangan kromosom homolog atau tetrad berada di daerah equator pada daerah pelat metafase.
b)      Anafase I : Kromosom homolog bergerak menuju ke kutub masing-masing
c)      Telofase I : Kromatid memadat, selubung inti terbentuk dan anak inti muncul kembali, kemudian terjadi sitokinesis.
  1. Meiosis II
a)      Profase II : Benang kromatin menebal dan memendek
b)      Meiosis II : Kromosom mengumpul di daerah equator. Kinetekor masing-masing menghadap ke kutub
c)      Anafase II : Sentromer berpisah, kromosom  bergerak menuju ke kutub masing-masing.
d)     Telofase II : Kromosom sampai di kutub masing-masing dan proses akhir yaitu sitokinesis

Mitosis

Mitosis berasal dari bahasa Yunani, yaitu mites berarti benang dan
osis berarti proses. Pembelahan mitosis, yaitu proses pembelahan nukleus
menjadi dua anakan nukleus, dan masing-masing anakan menerima 1 set
kromosom berbentuk benang halus serta panjang yang jumlahnya sama
dengan jumlah kromoson sel induknya. Mitosis terjadi pada sel tubuh (sel
somatis). Sifat kromosomnya berpasangan, sehingga disebut diploid (2n).
Tahap-tahap mitosis, yaitu:
1. Profase
a. Sel induk yang akan membelah memperlihatkan gejala berupa terbentuknya 2 sentriol dan sentrosoma, yang satu tetap di tempat, yang satu bergerak ke arah kutub yang berlawanan.
b. Dari tiap-tiap sentriol akan muncul serabut-serabut berupa filamen yang disebut benang gelendong pembelahan (benang spindel) yang menghubungkan sentriol satu dengan sentriol lain.
c. Membran inti masih tampak pada profase awal namun kemudian segera terpecah-pecah.
d. Butiran kromatin memanjang menjadi benang kromatin yang kemudian memendek menebal menjadi kromosom, dengan bagian yang menggenting disebut sentromer. Sentromer yaitu bagian kromosom yang tidak bisa menyerap warna. Tiap-tiap sentromer mengandung kinetokor, yaitu tempat mikrotubul terikat.
e. Kromosom menduplikasi membujur menjadi dua bagian, yang masing-masing disebut kromatid. Bersamaan dengan itu nucleolus mengecil ukurannya dan menghilang.
f. Kromatid terjerat pada benang spindel.
g. Benang spindel tampak meluas ke luar ke segala arah disebut sebagai
aster.
h. Di akhir profase, selubung inti sel pecah dan setiap kromatid melekat
di beberapa benang spindel di kinetokor.
i. Kromosom duplikat lalu meninggalkan daerah kutub dan berjajar di
ekuator.
                     
2.Metafase
Yaitu periode selama kromosom di ekuatorial.
a. Membran inti sudah menghilang.
b. Kromosom berada di bidang ekuator, dengan sentromernya seolah kromosom
berpegang pada benang gelendong pembelahan. Pada fase ini kromosom tampak paling jelas.

3.Anafase
a. Kromatid bergerak menuju ke arah kutubkutub yang berlawanan.
b. Kinetokor yang masih melekat pada benang spindel berfungsi menunjukkan jalan,
sedangkan lengan kromosom mengikuti di belakang.
4.Telofase
a. Kromatid-kromatid mengumpul pada kutubkutub.
b. Benang gelendong menghilang, kromatid menjadi kusut dan butiran-butiran kromatin
muncul kembali.
c. Selaput inti terbentuk kembali dan nukleolus
terlihat lagi.
d. Pada bagian ekuator terjadi lekukan yang makin lama makin ke dalam hingga sel induk terbagi menjadi dua yang masing-masing mempunyai sifat dan jumlah kromosom yang sama dengan induknya.

2.      Metode Pelaksanaan
                          i.      Model        : Tipe Jiksaw
                        ii.      Metode      : - Presentasi
  - Diskusi Kelompok
  - Tanya jawab
  - Penugasan

3.      Kegiatan Pembelajaran
A. Tatap Muka
1.Kegiatan awal   (10 menit)
*      Salam pembuka
1)      Guru memberikan salam kepada siswa.
*      Guru mempersiapkan kelas.
§   Guru meminta ketua kelas memimpin doa sebelum memulai pelajaran.
§  Guru mengabsen kehadiran siswa.
*      Motivasi dan apersepsi           
o   Menggali pengetahuan awal siswa dengan menanyakan kepada siswa,” proses yang mengalami spermatogenesis di sebut dengan!
o   Pertanyaan lanjutan,apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi!
o    Dari jawaban siswa,guru menuliskan materi yang akan di ajarkan kepada siswa.
o   Menyampaikan indicator.
 2 . Kegiatan Inti (60 menit)
*      Eksplorasi
§   Siswa dan Guru
-          Membentuk kelompok kecil dan bersama teman sekelompoknya menelusuri informasi yang mereka butuhkan dan merumuskan masalah.
-          Menggali informasi dengan membaca,berdiskusi,atau percobaan.
-          Guru mebagi siswa menjadi 3 kelompok dimana ada kelompok ahli dan asal.
-          Siswa membentuk kelompok sesuai dengan no hitungan
-          Menjelaskan secara singkat materi yang di ajarkan.
-          Guru memimpin dan mengamati diskusi
-          Siswa duduk dan membentuk kelompok asal
-          Guru membagi LKS pada setiap kelompok
-          Siswa membagi setiap pertanyaan tiap orang, setelah itu setiap orang yang memiliki No pertanyaan yang sama membagi membentuk kelompok ahli
-          Semua siswa bertanggung jawab untuk mengerjakan setiap pertanyaan dan mendiskusi pada semua anggota kelompok ahli
-          Setelah itu kembali lagi pada kelompok asal, untuk memberikan penjelasan pada setiap anggota, dari hasil diskusi pada kelompok ahli
-          Setiap anggota bekerja sama dalam mengerjakan semua pertanyaan
-          Guru menunjuk kelompok yang akan presentasi
-          Kelompok yang ditunjuk mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok yang lain menambahkan jawaban ataupun memeberikan sanggahan dengan sopan pada kelompok presentasi
-          Guru memberikan umpan balik pada siswa dengan menunjukan gambar atau slide  dan memberikan penjelasan pada siswa.
-          Menggunakan Berbagai Pendekatan dan media
-          Melibatkan siswa secara aktif


*      Elaborasi
§   Siswa dan Guru
-          Melaporkan hasil eksplorasi secara lisan atau tertulis,baik secara individu maupun kelompok.
-          Menanggapai pendapat teman atau kelompok.
-          Guru memfasilitasi peserta didik berpikir kritis, mengganalisis, memecahkan masalah,bertindak tanpa rasa takut.
-          Menggarahkan proses diskusi siswa agar perdebatan menggarah pada materi pembelajaran.

3.Kegiatan akhir  
*      Konfirmasi
§   Siswa
-          Melakukan refleksi terhadap pengalamn kerja
-          Mengadakan Tanya jawab dengan guru untuk  menghilangkan keraguan tentang suatu konsep
-          Menuliskan rangkuman materi yang telah di ajarkan.
-          Menggunakan teori atau konsep yang telah diterima untuk diterapkan pada kehidupan nyata.
§   Guru
-          Memberi umpan balik positif kepada pseserta dan penguatan dalam bentuk lisan,tulisan,isyarat,maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
-          Berperan sebagai narasumber dan fasilitator untuk menjelaskan pertanyaan dari siwa.
-          Memfasilitasi peserta didik untuk lebih jauh/dalam/luas memperoleh pengetahuan  keterampilan,dan sikap.

B. Tugas Terstruktur
      Mencari informasi mengenai gambar tahap-tahapan miosis dan mitosis internet maupun referensi lainnya dalam bentuk print out.
C. Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
-    
VI Sumber Belajar
                          i.      Referensi   : - pujiyanto sri,Menjelajah Dunia Biologi 3 Untuk kelas XII
                       SMA dan MA.
- Istamar Syamsuri dkk, Biologi Untuk SMA Kelas XII
   Semester I 3A; Bumi Aksara
 - Internet.
                        ii.      Media        : Laptop, LCD, dan LK


*      Penilaian Sikap
Penilaian efektif dapat dilakukan ketika proses pembelajaran secara kelompok untuk mengobservasi perilaku siswa dengan menggunakan format berikut ini:
No
Nama Siswa
Nilai Pengamatam
Skor max
Nilai Akhir
konvers
Kerja- sama
Berta-nya
Men-jawab
Menghar-gai
Skor perole-han
3
3
3
3

12































Keterangan:
Nilai Pengamatan maksimum = 3
Nilai pengamatan 3= sering, 2 = kadang-kadang, 1 = tidak pernah
Nilai akhir = (skor perolehan/skor maks) x 100
Nilai akhir (sebutan berdasarkan pada skala berikut:
81 – 100 = A
61 – 80 = B
41 – 60 = C
21 – 40 = B
0 – 20 = E
Gorontalo,     November   2011
Mengetahui,

Guru Pamong                                                                          Mahasiswa PPL-2






Dra.Hartin,Abdulah Mpd                                                    Wayan sutiani

Nip.196206181988032007                                                  Nim.431408091                                           



LEMBAR KERJA SISWA
( L K S )

I.       KOMPETENSI DASAR           
 3 .3  Menjelaskan keterkaitan antara proses  pembelahan mitosis dan meiosis

          dengan  pewarisan sifat.

II TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi DNA, gen dan kromosom melalui referensi baik buku cetak, bahan ajar maupun mengakses materi di internet, siswa diharapkan mampu :
a.Menjelaskan urutan tahapan miosis dan mitosis.
b.Mendiskripsikan cirri-ciri miosis dan mitosis.

II.    PETUNJUK PENGERTJAAN
1.      Bacalah pertanyaan dengan teliti
2.      Pahami dan diskusikan dengan teman satu kelompok
3.      Jawablah pertanyaan

Pertanyaan :
1.      Gambar dari struktur apakah yang ada di atas?
2.      Jelaskan struktur dari gambar yang ada di atas !
3.      Sebutkan komponen-komponen penyusunnya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar