I.
Identitas
Sekolah :
SMA Negeri 1 TELAGA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XII - IPA-4 / Ganjil
Alokasi waktu : 2 x 45 menit (1 kali pertemuan)
Pertemuan :
Ke – 1 (2 x 45 menit)
II.
Standar Kompetensi
: 3.Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-
prinsip
hereditas serta implikasinya pada
salingtemas.
III . Kompetensi Dasar :
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses
pembelahan mitosis dan
meiosis dengan
pewarisan sifat.
IV . Indikator :
1. Mengidentifikasi
sel yang akan bereprodukasi.
2. Menjelaskan urutan tahapan
mitosis.
3. Mengidentifikasi ciri-ciri dari
tahapan mitosis.
4. Menunjukkan lokasi pada makhluk
hidup yang
mengalami mitosis.
5. Menjelaskan urutan tapahan
meiosis.
6. Mengidentifikasi ciri-ciri
tahapan meiosis.
V Tujuan pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran siswa
dapat:
a. Menjelaskan
urutan tahapan miosis dan mitosis.
b. Mendiskripsikan
cirri-ciri miosis dan mitosis.
1.
Materi Pembelajaran
MEIOSIS
Meiosis berlagsung melalui tahap meiosis I (pembelahan
reduksi) dan kemudian dilanjutkan meiosis II.
1. Meiosis I
Pada tahapan meiosis,
berlangsung tahap-tahap profase I, metafase I, anafase I dan telofase. Hasil
telofase I adalah dua sel anak yang haploid.
a)
Profase
I : Pada hewan berlangsung 4-5 hri. Profase I dibagi dalam lima subtahap,
yaitu:
-
Leptonema/Leptoten
: Kromosom mengelami kondensasi membentuk benang-benang yang tipis
-
Zigonema/Zigoten
: kromatid yang homolog memmbentuk sinapsis. Sinapsis memungkinkan terjadinya
pertukaran informasi yang disebut pindah silang.
-
Pakinema/Pakiten
: membentuk benang-benang tebal dan pendek membentuk banang-benang kromatid
-
Diplonema/Diploten
: kromatid yang berada dalam satu bivalen
-
Diakinesis
: kromosom terus memendek dan berkondensasi
a)
Metafase
I : Pasangan kromosom homolog atau tetrad berada di daerah equator pada daerah
pelat metafase.
b)
Anafase
I : Kromosom homolog bergerak menuju ke kutub masing-masing
c)
Telofase
I : Kromatid memadat, selubung inti terbentuk dan anak inti muncul kembali,
kemudian terjadi sitokinesis.
- Meiosis
II
a)
Profase
II : Benang kromatin menebal dan memendek
b)
Meiosis
II : Kromosom mengumpul di daerah equator. Kinetekor masing-masing menghadap ke
kutub
c)
Anafase
II : Sentromer berpisah, kromosom
bergerak menuju ke kutub masing-masing.
d)
Telofase
II : Kromosom sampai di kutub masing-masing dan proses akhir yaitu sitokinesis
Mitosis
Mitosis berasal dari bahasa Yunani, yaitu mites berarti benang
dan
osis
berarti proses.
Pembelahan mitosis, yaitu proses pembelahan nukleus
menjadi
dua anakan nukleus, dan masing-masing anakan menerima 1 set
kromosom
berbentuk benang halus serta panjang yang jumlahnya sama
dengan
jumlah kromoson sel induknya. Mitosis terjadi pada sel tubuh (sel
somatis).
Sifat kromosomnya berpasangan, sehingga disebut diploid (2n).
Tahap-tahap
mitosis, yaitu:
1. Profase
a.
Sel induk yang akan membelah memperlihatkan gejala berupa terbentuknya 2
sentriol dan sentrosoma, yang satu tetap di tempat, yang satu bergerak ke arah
kutub yang berlawanan.
b.
Dari tiap-tiap sentriol akan muncul serabut-serabut berupa filamen yang disebut
benang gelendong pembelahan (benang spindel) yang menghubungkan sentriol satu
dengan sentriol lain.
c.
Membran inti masih tampak pada profase awal namun kemudian segera
terpecah-pecah.
d.
Butiran kromatin memanjang menjadi benang kromatin yang kemudian memendek
menebal menjadi kromosom, dengan bagian yang menggenting disebut sentromer.
Sentromer yaitu bagian kromosom yang tidak bisa menyerap warna. Tiap-tiap
sentromer mengandung kinetokor, yaitu tempat mikrotubul terikat.
e.
Kromosom menduplikasi membujur menjadi dua bagian, yang masing-masing disebut
kromatid. Bersamaan dengan itu nucleolus mengecil ukurannya dan menghilang.
f.
Kromatid terjerat pada benang spindel.
g.
Benang spindel tampak meluas ke luar ke segala arah disebut sebagai
aster.
h.
Di akhir profase, selubung inti sel pecah dan setiap kromatid melekat
di
beberapa benang spindel di kinetokor.
i.
Kromosom duplikat lalu meninggalkan daerah kutub dan berjajar di
ekuator.
2.Metafase
Yaitu
periode selama kromosom di ekuatorial.
a.
Membran inti sudah menghilang.
b.
Kromosom berada di bidang ekuator, dengan sentromernya seolah kromosom
berpegang
pada benang gelendong pembelahan. Pada fase ini kromosom tampak paling jelas.
3.Anafase
a.
Kromatid bergerak menuju ke arah kutubkutub yang berlawanan.
b.
Kinetokor yang masih melekat pada benang spindel berfungsi menunjukkan jalan,
sedangkan
lengan kromosom mengikuti di belakang.
4.Telofase
a.
Kromatid-kromatid mengumpul pada kutubkutub.
b.
Benang gelendong menghilang, kromatid menjadi kusut dan butiran-butiran
kromatin
muncul
kembali.
c.
Selaput inti terbentuk kembali dan nukleolus
terlihat
lagi.
d.
Pada bagian ekuator terjadi lekukan yang makin lama makin ke dalam hingga sel induk
terbagi menjadi dua yang masing-masing mempunyai sifat dan jumlah kromosom yang
sama dengan induknya.
2.
Metode Pelaksanaan
i.
Model : Tipe Jiksaw
ii.
Metode : - Presentasi
- Diskusi Kelompok
- Tanya jawab
- Penugasan
3.
Kegiatan Pembelajaran
A. Tatap Muka
1.Kegiatan awal (10
menit)
Salam pembuka
1)
Guru memberikan salam kepada siswa.
Guru mempersiapkan kelas.
§
Guru
meminta ketua kelas memimpin doa sebelum memulai pelajaran.
§
Guru mengabsen kehadiran siswa.
Motivasi dan apersepsi
o
Menggali pengetahuan awal siswa dengan
menanyakan kepada siswa,” proses yang mengalami spermatogenesis di sebut
dengan!
o
Pertanyaan lanjutan,apa yang menyebabkan hal
tersebut terjadi!
o
Dari
jawaban siswa,guru menuliskan materi yang akan di ajarkan kepada siswa.
o
Menyampaikan indicator.
2 . Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
§ Siswa dan Guru
-
Membentuk kelompok kecil dan bersama teman
sekelompoknya menelusuri informasi yang mereka butuhkan dan merumuskan masalah.
-
Menggali informasi dengan membaca,berdiskusi,atau
percobaan.
-
Guru mebagi siswa menjadi 3 kelompok dimana ada
kelompok ahli dan asal.
-
Siswa membentuk kelompok sesuai dengan no
hitungan
-
Menjelaskan secara singkat materi yang di
ajarkan.
-
Guru memimpin dan mengamati diskusi
-
Siswa duduk dan membentuk kelompok asal
-
Guru membagi LKS pada setiap kelompok
-
Siswa membagi setiap pertanyaan tiap orang,
setelah itu setiap orang yang memiliki No pertanyaan yang sama membagi
membentuk kelompok ahli
-
Semua siswa bertanggung jawab untuk mengerjakan
setiap pertanyaan dan mendiskusi pada semua anggota kelompok ahli
-
Setelah itu kembali lagi pada kelompok asal,
untuk memberikan penjelasan pada setiap anggota, dari hasil diskusi pada
kelompok ahli
-
Setiap anggota bekerja sama dalam mengerjakan
semua pertanyaan
-
Guru menunjuk kelompok yang akan presentasi
-
Kelompok yang ditunjuk mempresentasikan hasil
diskusi, dan kelompok yang lain menambahkan jawaban ataupun memeberikan
sanggahan dengan sopan pada kelompok presentasi
-
Guru memberikan umpan balik pada siswa dengan
menunjukan gambar atau slide dan
memberikan penjelasan pada siswa.
-
Menggunakan Berbagai Pendekatan dan media
-
Melibatkan siswa secara aktif
Elaborasi
§ Siswa dan Guru
-
Melaporkan hasil eksplorasi secara lisan atau
tertulis,baik secara individu maupun kelompok.
-
Menanggapai pendapat teman atau kelompok.
-
Guru memfasilitasi peserta didik berpikir
kritis, mengganalisis, memecahkan masalah,bertindak tanpa rasa takut.
-
Menggarahkan proses diskusi siswa agar
perdebatan menggarah pada materi pembelajaran.
3.Kegiatan
akhir
Konfirmasi
§ Siswa
-
Melakukan refleksi terhadap pengalamn kerja
-
Mengadakan Tanya jawab dengan guru untuk menghilangkan keraguan tentang suatu konsep
-
Menuliskan rangkuman materi yang telah di
ajarkan.
-
Menggunakan teori atau konsep yang telah
diterima untuk diterapkan pada kehidupan nyata.
§ Guru
-
Memberi umpan balik positif kepada pseserta dan
penguatan dalam bentuk lisan,tulisan,isyarat,maupun hadiah terhadap
keberhasilan siswa.
-
Berperan sebagai narasumber dan fasilitator
untuk menjelaskan pertanyaan dari siwa.
-
Memfasilitasi peserta didik untuk lebih
jauh/dalam/luas memperoleh pengetahuan
keterampilan,dan sikap.
B. Tugas Terstruktur
Mencari informasi mengenai gambar tahap-tahapan
miosis dan mitosis internet maupun
referensi lainnya dalam bentuk print out.
C. Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
-
VI Sumber Belajar
i.
Referensi
: - pujiyanto sri,Menjelajah
Dunia Biologi 3 Untuk kelas XII
SMA dan MA.
- Istamar
Syamsuri dkk, Biologi Untuk SMA Kelas XII
Semester I 3A; Bumi Aksara
- Internet.
ii.
Media : Laptop, LCD, dan LK
Penilaian
Sikap
Penilaian efektif dapat
dilakukan ketika proses pembelajaran secara kelompok untuk mengobservasi
perilaku siswa dengan menggunakan format berikut ini:
No
|
Nama Siswa
|
Nilai Pengamatam
|
Skor max
|
Nilai Akhir
|
konvers
|
||||
Kerja- sama
|
Berta-nya
|
Men-jawab
|
Menghar-gai
|
Skor perole-han
|
|||||
3
|
3
|
3
|
3
|
|
12
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Nilai Pengamatan maksimum = 3
Nilai pengamatan 3= sering, 2 =
kadang-kadang, 1 = tidak pernah
Nilai akhir = (skor perolehan/skor maks) x
100
Nilai akhir (sebutan berdasarkan pada
skala berikut:
81 – 100 = A
61 – 80 = B
41 – 60 = C
21 – 40 = B
0 – 20 = E
Gorontalo,
November 2011
Mengetahui,
Guru Pamong Mahasiswa
PPL-2
Dra.Hartin,Abdulah Mpd
Wayan
sutiani
Nip.196206181988032007 Nim.431408091
LEMBAR KERJA SISWA
( L K S )
I. KOMPETENSI DASAR
3 .3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis
dengan
pewarisan sifat.
II TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi
DNA, gen dan kromosom melalui referensi baik buku cetak, bahan ajar maupun
mengakses materi di internet, siswa diharapkan
mampu :
a.Menjelaskan
urutan tahapan miosis dan mitosis.
b.Mendiskripsikan
cirri-ciri miosis dan mitosis.
II.
PETUNJUK PENGERTJAAN
1. Bacalah
pertanyaan dengan teliti
2. Pahami
dan diskusikan dengan teman satu kelompok
3. Jawablah
pertanyaan
Pertanyaan :
1.
Gambar
dari struktur apakah yang ada di atas?
2.
Jelaskan
struktur dari gambar yang ada di atas !
3.
Sebutkan
komponen-komponen penyusunnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar